Bekerja, Untuk Alam semesta!

by ZiE on September 18, 2008

Seseorang yang lama membujang akhirnya memutuskan untuk menikah dan segera mempunyai anak. Katanya. “Apalah artinya aku bekerja setiap hari?? bila tak tau kepada siapa aku harus membelanjakan upah yang kuterima?”
Setiap sen upah yang kita terima adalah wujud hasil kerja dan kekuatan kita. Upah adalah bentuk baru dari sebuah energi, yang mengalir melalui tetesan keringat kita.
Energi itu sebelumnya telah mengarungi lautan kosmis, sinar matahari,  gelombang ombak samudra, bahkan dedaunan hijau. Kini telah singgah di genggaman kita. Namun, kita takkan dapat menghentikan perjalannnya. Ia harus terus melaju kemanapun dia mengalir. Energi adalah aliran abadi Alam Raya.
Itulah mengapa kita selalu berkeinginan membelanjakan upah kita. Namun, bukan sekedar menghamburkannya, kita harus menjadi persinggahan terbaik bagi energi itu. Kita bisa arahkan jalan kemana energi itu mengalir. Berikan kepada mereka yang kita cintai dengan setulus hadi demi kebaikan hidup ini. Disanalah kita temukan makna dari setiap keping upah yang kita terima.
Ada yang bilang bahwa uang adalah arah perusahaan. Karena selayaknya darah. Uang mengalir keseleuruh penjuru partikel-partikel hidup.
Ada yang bilang jabatan adalah tiang penyangga organisasi, jabatan adalah pengukuh tegaknya kepemimpinan sehingga jalas siapa dan apa.
Namun, banyak orang bekerja tanpa memandang uang. Tak sedikit pula orang yang bekerja tanpa mengejar jabatan. Mereka benar-benar sadar siapa dan dimana sesungguhnya mereka berada.
Mereka paham, bahwa kehormatan tidak terletak pada semua yang tersebut tadi. Karena, diatas semua itu, mereka bekerja atas dasar cinta dan pengapdian!
Kita bisa di ibaratkan sebuah baut kecil yang terpasang pada sebuah mesin raksasa yang bernama kehidupan. Tak ada kerja yang percuma!  Karena setiap baut harus berfungsi sebagai mana ia ada. Namun sayangnya, baut itu dapat aus atau terpental akibat motivasi yang keliru memandang uang, sanjungan dan jabatan adalah tujuan. Padahal ia hanyalah kembang gula pemanis gerak kita.
Oleh karena itu  marilah berkarya  demi sesuatu yang luhur dan mulia, demi peleburan kerja kita peleburan diri kita dalam mesin raksasa alam semesta ini!

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Eight Cream