Saatku salah…

by ZiE on September 17, 2008

Pernahkah kita melakukan kesalahan? Jawabnya pasilah Ya! Naif jika kita tidak mengakui akan hal itu!
Ketika kita melakukan suatu kesalahan kita hanya perlu akui bahwa kita adalah manusia biasa. Dan inti dari kesadaran itu adalah kemanusiaan yang memang lekat dengan ketidaksempurnaan. Kita sebagi manusia hanya perlu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi setiap harinya. Itu cukup! Akan tetapi ini juga bukan berarti kita harus melakukan kesalahan.
Namun kita harus menyadari bahwa kesempurnaan itu tak usah diupayakan apalagi dipaksakan. Bila kita menuntut kesempurnaan pada diri kita sendiri atau bahkan pada orang lain kita maka segera sadarlah! Kita berada dijalur yang menyesatkan!
Kesempurnaan seperti ini tak mengijinkan kesalahan dan membunuh daya cipta. Kesempurnaan ini hanya akan membebani langkah kita untuk terus maju dan maju. Apabila kita inginkan meraih yang terbaik dari diri kita dan orang lain, maka biarkanlah kemanusian menuntun setiap langkah kita, yaitu dengan petunjuk kesalahan.

Mungkin kita masih ingat waktu kita kecil melakukan suatu permainan, Monopoli misalnya. Meskipun hanya berupa permainan mungkin kita akan merasa bosan apabila ada yang selalu menang tanpa pernah kalah sedikitpun! Karena kita sadar bahwa itu tidak normal. Itulah mengapa, bila kita merasa harus selalu benar dan menganggapnya sebagai sebuah kesempurnaan, kita menipu diri kita sendiri!
Jangan biarkan kita melakukan kesalahan. Demikian pula juga jangan paksa diri kita melakukan kesempurnaan. Akuilah bahwa kita manusia biasa, maka kita kan merasa terhormat dimata kita dan orang lain, dan itu jelas sangat menenangkan.
Bila kita tidak pernah melakukan kesalahan, ada baiknya kita melihat kembali langkah kita. Jangan-jangan kita tak melangkah setapak pun! Kesalahan memang tak mengenakkan, namun seorang optimis lebih banyak lebih banyak belajar dari kesalahan dari pada keberhasilan. Kesalahan menuntun kita untuk mempelajari kembali sesuatu yang terjadi. Bukan hanya itu, Kesalahan memimpin kita untuk mengambil tindakan yang lebih baik.
Kesalahan adalah kawan baik kita yang mengatakan secara samar apa yang harus kita kerjakan dan lakukan untuk yang terbaik bagi kita. Lihatlah kesalahan apa adanya. Bila kita melakukan kesalahan segera jauhkan diri dari prasangka, kesedihan dan ratapan yang kadang muncul dengan sendirinya menggoda dan menggiring kita untuk tenggelam dan terus tenggelam, oleh karena itu kita memang perlu dinginkan pikiran sejenak,  dan sadarkan diri akan apa yang sebenarnya terjadi. Karena sungguh dibalik kesalahan tersimpan kesempatan yang tersembunyi. Insya Allah! :)

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Eight Cream